Minggu, 04 April 2010

Makalah Pencemaran Lingkungan

KATA PENGANTAR


Bismillahirohmanirrohim
Puja dan puji syukur marilah senantiasa kita limpahkan kepada Tuhan yang maha kuasa karena hanya dengan hidayah dan inayah nya kita semua masi dapat menjalankan kehidupan ini. Tak lupa pula Shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan nabi besar kita Muhammad SAW beserta para keluarganya,sahabat-sahabatnya,dan para pengikutnya serta kita semua sebagai umatnya hingga akhir zaman.

Era globalisasi yang semakin maju,mendorong dunia pendidikan untuk mengikuti perkembanganya. Dengan teknologi yang semakin canggih menunutut dunia pendidikan untuk lebih kreatif dalam pemanfaatannya. Dan yang pasti dari semua itu adalah kecerdasan dari para siswa-siswi suatu sekolah sebagai calon penerus bangsa yang akan melaksanakannya. Dengan demikian,sudah merupakan kewajiban dan tanggung jawab seorang siswa untuk selalu belajar. Bukan hanya itu saja,tetapi juga dengan memenuhi tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru pembimbing masing-masing mata pelajaran. Hal ini yang mendorong kami untuk menyusun makalah IPA (Biologi).
Materi yang akan di bahas dalam makalah ini yaitu mencakup tetang “Pencemaran Lingkungan”. Materi yang di bahas akan memunculkan pengetahuan-pengetahuan yang kita dapatkan dan pengetahuan baru yang kami dapatkan dari beberapa sumber-sumber buku yang kami jadikan sebagai referensi. Ucapan terima kasih kami untuk semua rekan-rekan yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini,dan tentunya kami pun tidak terlepas dari guru pembimbing kami. Maaf pun kami sampaikan,karena pastinya dalam makalah ini masih banyak kekurangan dan ketidak sempurnaan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dalam membantu Kegiatan Belajar Mengajar,bermanfaat bukan untuk kami saja,tetapi juga bermanfaat bagi kita semua. Amin,amin,ya Robbal`alamin.





Tim penyusun;


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Maksud dan Tujuan

BAB II PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Pencemaran Lingkungan
2.2. Macam-macam Pencemaran
2.3. Dampak Pencemaran Bagi Lingkungan
2.4. Upaya-Upaya Penanggulangan Pencemaran dan
Kerusakan Lingkungan

BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran

DAFTAR PUSTAKA





BAB I
PENDAHULUAN


Perkembangan pembangunan indonesia dewasa ini semakin cepat.dengan didukungnya era globalissasi,semakin menuntut manusia untuk lebih pandai memanfaatkan sumberdaya alam.dalam mengelola SDA, manusiapun harus lebih berhati –hati, karena jika tidak di pikirkan dengan baik maka tidak akan mendapatkan hasil maksimal dan takjarang dapat menimbulkan hasil yang merugikan banyak orang.sebagai contoh, dalam pembangunan suatu pabrik maka harus di pikirkan terlebih dahulu tentang efek yang di timbulkan dari pabrik tersebut. Hal ini tidak lain yaitu untuk menghindari kerugian, misalnya pencemaran lingkungan. Dalam makalah ini akan di bahas lebih jelas tentang ”Pencemaran lingkungan”


1.1. Latar Belakang
Latar belakang penyusunan makalah IPA (Biologi) ini yaitu :
Ø untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran, khususnya mata pelajarn IPA ( Biologi )

Ø sebagai pengaplikasian siswa dalam melaksanakan tanggung jawab dan kewajibannya

Ø
1. 2. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan penyusunan makalah ini yaitu :

Ø Untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar siswa, yaitu agar makalah ini di jadikan sebagai sumber panduan.

Ø Menambah pengetahuan dan wawasan tentang materi “Pencemaran lingkungan “

Ø Sebagai sumber dari beberapa materi tentang pencemaran.











BAB II
PEMBAHASAN



2.1. Pengertian pencemaran lingkungan

Pencemaran ( pollution ) didefinisikan sebagai segala perubahan yang tidak dikehendaki pada sifat udara, air, tanah, atau makanan yang dapat mempengaruhi kegiatan, kesehatan dan keselamatan mahluk hidup. Kebanyakan zat pencemaran ( pollutanes ) merupakan hasil samping atau buangan tat kala suatu materi diolah menjadi produk dan digunakan.

2.2. Macam-macam pencemaran.
a. Pencemaran Air.
Adalah masuknya atau dimasukannya mahluk hidup, zat, energi dan komponen air atau perubahanya tatanan air oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam,sehingga kualitas air turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan air menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukanya.
b. Pencemaran tanah.
Adalah kondisi suatu tanah yang tercemar oleh beberapa bahan, misalnya sampah-sampah plastik yang merupakan limbah organik yang tidak dapat diuraikan olah mikroorganisme.
c. Pencemaran udara
Adalah udara dilingkungan tercemar oleh beberapa bahan, misalnya disebabkan oleh asap kendaraan bermotor, asap dari pembakaran sampah, asap dari cerobong pabrik, sertabahan pencemaran dari gas.
d. pencemaran oleh pengguna pestisida
adalah pencemaran lingkungan yang disebabkan dari pengguna bahan pestisida

2.3. Dampak pencemaran bagi kesehatan.
Masuknya pencemar udara lewat sistem pernafasan, dapat menimbulkan berbagai gejala serta penyakit, beberapa gejala dan penyakit yang dapat timbul akibat kita menghirup udara yang tercemar antara lain :
1. fibrosis.
2. Iritasi pada jaringan.
3. demam.
4. kanker.
5. mutasi genetik. Asphyxpa.
6. keracunan sistemik.
7. tersebarnya penyakit menular dan.
8. kelamin genetika;

2.4. Upaya-upaya penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan
Hakekat pengelolaan lingkungan bukan hanya mengatur lingkungannya, tetapi mengatur dan mengendalikan berbagai kegiatan manusia agar berlangsung dan berdampak dalam batas kemampuan dan keterbatasan lingkungan untuk mendukungnya.




Pengelolaan lingkungan perlu dilakukan secara dini agar pembangunan yang semakin gencar dilaksanakan dapat memanfaatkan lingkungan hidup untuk pengembangan.
Beberapa upaya yang parlu dilakukan untuk menjaga atau menanggulangi kerusakan lingkungan hidup.
1. Mencegah kerusakan hutan, dengan menaati peraturan penebangan hutan (tebang pilih, menanam kembali ), juga mencegah terjadinya kebakaran hutan
2. Membuat suaka margasatwa dan cagar alam untuk menyelamatkan punahnya sepesies tertentu.
3. Menata tataruang wilayah, pembangunan harus disesuaikan dengan zona dan peruntukanya.
4. Proyek pembangunan harus dikendalikan melalui penerapan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ).
5. Rehabilitasi lahan bekas penebangan.
Beberapa upaya yang perlu dilakukan untuk menanggulangi masalah pencemaran, antara lain :
1. Mengurangi emisi zat pencemar dari berbagai sumber, misalnya dengan mengganti bahan bakar minyak dengan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.
2. Mengawasi tempat-tempat pembuangan sampah.
3. Mendidik masyarakat tantang bahaya pencemaran dan bagai mana cara mencegahnya.
4. Memberikan saksi hukum yang sepadan kepada pengusaha yang perusahaanya menimbulkan gangguan terhadap lingkungan.
5. Membuat peraturan-peraturan yang mengatur aktivitas manusia yang erat kaitanya dengan kehidupan sosial.
6. Mengubah prilaku masyarakat dalam mengelola air.
Contoh : jangan membuang sampah/ limbah kesungai, tidak menggunakan air sungai untuk MCK. Mengkonsumsi air yang sudah diolah.
7. Membatasi penggunaan air tanah agar terhindar dari penurunan permukaan air tanah dan intrusi air laut.
8. Mengatur jarak pembuangan sampah/ septik tank dengan sumber air (misalnya 10 m ).
9. Penggunaan pupuk dan pestisida secara bijak.

.

BAB III
PENUTUP


Alhamdulillahirobbil’alamin, akhirnya telah selesai penyusunan makalah biologi ini. Makalah ini berisi tentang materi pencemaran lingkungan, kami buat berdasarkan buku sumber yang kami peroleh. ini merupakan salah satu usaha kami, agar pengguna makalah ini bisa lebih bermanfaat. bukan hanya untuk kami tetapi untuk kita semua. Ucapan terimakasih kami kepada rekan-rekan yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, juga tak lepas dari guru pembimbing kami.”Tak ada gading yang tak retak” itulah yang dapat kami sampaikan atas semua ketidak sempurnaan makalah ini, maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan dari makalah ini dan semoga makalah ini mendapat ridho dari Allah SWT.

3.1. Kesimpulan
Yang dapat kami simpulkan yaitu bahwa kita sebagai manusia harus pandai-pandai memanfaatkan sumber daya alam yang terdapat disekitar kita. Pengelolaan SDA haruslah tidak jauh dari pengetahuan dan kemajuan teknologi di era globalisasi ini. Ini merupakan salah satu upaya agar lingkungan kita tetap terjaga dan tidak menimbulkan bahaya yang bersifat negatif. Oleh karenanya, mulailah dari sekarang untuk kita selalu membiasakan hidup bersih dan tidak merusak lingkungan disekitar kita.dengan lingkungan bersih dan sehat maka akan tercipta lingkungan yang lestari. Tentunya bukan hanya bermanfaat untuk kita semua tapi juga bermanfaat bagi generasi penerus kita,para generasi muda Indonesia.

3.2. Saran
Kami sadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karenanya,kami sangat menunggu kritik dan saran dari kalian semua. tentunya adalah saran yang membangun. Dengan itulah, kita bisa berusaha untuk menyusun makalah berikutnya dengan lebih baik.





DAFTAR PUSTAKA


Palar, Heryanto. 2005. Pencemaran dan Teknologi logam berat.
Jakarta : Rineka Cipta
Subagyo, P,joko. 2005. Hukum Lingkungan “ Masalah dan penanggulangannya- jakarta :Rineka Cipta
.

Tidak ada komentar: