Senin, 05 April 2010

Makalah Kebersihan Lingkungan

KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan makhluk yang serba indah. Dengan rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyusun makalah ini, yang semoga dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar bagi seluruh masyarakat.
Makalah ini kami susun dengan tema “Kebersihan Lingkungan”, yang merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam proses pembentukan kehidupan manusia yang merupakan salah satu elemen kehidupan.
Kebersihan lingkungan terbentuk dari unsur kata, yaitu bersih dan lingkungan bersih yaitu bebas dari segala macam kotoran, polusi dan bibit penyakit. Sedangkan lingkungan yaitu tempat hidup masyarakat. Dengna demikian dapat disimpulkan bahwa kebersihan lingkungan yaitu tempat hidup masyarakat jauh dari kotoran, polusi, dan bibit penyakit.
Sudah sewajarnya, jika dalam makalah ini terdapat kesalahan, baik itu kesalahan bahasa, penulisan dan penyajian. Oleh karena itu kami sebagai penyusun memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pembaca. Dan kami sangat mengharapkan saran dan kritik para pembaca dalam menyempurnakan makalah ini.



Tim Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. LATAR BELAKANG
Lingkungan merupakan tempat dimana manusia hidup, yang mana merupakan salah satu elemen kehidupan. Lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan dapat mewarnai segala aktifitas kehidupan manusia, mulai dari gaya hidup, cara berprilaku, pola pikir, bahkan kepribadian. Di dalam lingkungan dimana manusia hidup terdiri dari berbagai elemen, yang merupakan faktor pembentuk lingkungan, diantaranya yaitu, masyarakat. Masyarakat merupakan kumpulan dari berbagai individu manusia yang saling berinteraksi dan mempunyai suatu tujuan tertentu. Interaksi antar individu tersebut mengakibatkan suatu hubungan kekerabatan yang dapat dijadikan suatu sarana komunikasi dalam rangka membentuk suatu himpunan kemasyarakatan.
Lingkungan merupakan tempat hidup manusia. Oleh karena itu sudah sepatutnya jika menjadikan lingkungan tempat tinggal menjadi senyaman mungkin, sehingga dapat menimbulkan suatu keselarasan bagi individu yang mendiaminya. Salah satu cara untuk menjaga kenyamanan lingkungan yaitu dengan cara mencanangkan dan memprioritaskan kebersihan, baik itu kebersihan individu maupun kebersihan lingkungan tempat tinggal.

1.2. RUMUSAN MASALAH
Topik permasalahan dalam makalah ini yaitu mengenai kebersihan lingkungan, yang mencakup manfaat kebersihan lingkungan, dampak positif dari lingkungan yang bersih, dampak negatif dari lingkungan yang kotor, usaha-usaha dalam menciptakan kebersihan lingkungan dan lain-lain, yang mana semua itu akan diuraikan dalam suatu ringkasan yang semoga dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar bagi kita untuk menciptakan suatu lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman. Dalam rangka menciptakan suatu kehidupan masyarakat dan individu yang bebas dari wabah penyakit yang dapat mengganggu aktifitas kehidupan manusia.

1.3. TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu untuk memberikan suatu informasi atau sedikit pengetahuan kepada khalayak luas tentang arti kebersihan lingkungan, serta memperluas cakrawala pemikiran para pembaca dalam menanggapi kebesrihan lingkungan yang jarus diprioritaskan dengna baik.

1.4. METODE PENGUMPULAN DATA
Informasi yang kami himpun dalam makalah ini bersumber daris ebuah inspiratif diri yang dibantu oleh beberapa media, seperti surat kabar, internet dan buku tentang kebersihan lingkungan.
Kebersihan merupakan faktor yang paling menunjang dalam pembentukan lingkungan sehat. Lingkungan yang sehat merupakan lingkungan yang bebas dari sampah, polusi dan segala macam bibit penyakit. Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat bebas dari segala macam oenyakit. Kebersihan tersebut tidak hanya dicanangkan di lingkungan masyarakat, tetapi juga dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan kerja. Kebersihan tersebut mencakup kebersihan badan, pakaian dan lingkungan tempat tinggal.
Kebersihan lingkungan tersebut meninggalkan dampak-dampak yang mungkin dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Diantara dampak positif dari kebersihan lingkungan yaitu :
- Terhindar dari berbagai macam penyakit
- Tercipta suatu kenyamanan, keindahan, dan ketenangan.
- Menambah kadar keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Menjadikan kenyamanan dalam kegiatan belajar
- Dapat berkonsentrasi dengan baik
- Dan lain-lain
Begitupun sebaliknya, jika kebersihan lingkungan tersebut tidak dapat dicanangkan dengan baik maka lingkungan akan menjadi kotor dan berpolusi, baik itu polusi air maupun polusi udara. Adapun dampak negatif dari lingkungan yang kotor diantaranya :
- Memudahkan terserang berbagai macam penyakit
- Terciptanya suatu ketidaknyamanan dalam melaksanakan berbagai aktifitas hidup.
- Mengganggu konsentrasi dalam belajar dan bekerja
- Rusaknya ekosistem alam
- Dan sebagainya.
Oleh karena itu marilah kita menciptakan suatu sikap yang selalu peduli terhadap kebersihan. Dan marilah kita terapkan prisnip hidup bersih mulai dari sekarang. Sudah saatnya bagi kita untuk menyelamatkan lingkungan kita dari berbagai macam polusi dan kotoran, save our environment. Coba bayangkan bagaimana jadinya jika kita tidak mencanangkan prinsip hidup bersih dari sekarang pasti lingkungan kita akan ruas, begitupun dengan semua ekosistemnya. Dan bagaimana kehidupan di masa yang akan datang? Untuk itu marilah kita menerapkan sistem hidup bersih mulai dari sekarang. Ingat kita adalah bagian dari 6 milyar penduduk dunia, jangan sampai kehidupan orang lain terganggu oleh ulah perbuatan kita, diantara cara yangpaling tepat yaitu dengna cara menjaga kebersihan lingkungan.



BAB III
PENUTUP


3.1. KESIMPULAN
Keberihan merupakan komponen terpenting bagi manusia yang harus dijaga dengan baik. Dengan demikian akan tercipta suatu keselarasan. Kebersihan merupakan sebagian dari iman seseorang. Oleh karena itu marilah kita menjaga kebersihan dengan baik. Lingkungan yang bersih menjauhkan diri kita dari berbagai macampenyakit, dengan demikian kita akan menjadi manusia yang sehat, dan di dalam diri manusia yang sehat terdapat akal yang sehat.

3.2. SARAN
Dalam pembuatan makalah ini, kita selaku penyusun menyarankan agar kebersihan lingkungan hendaknya dilakukan oleh seluruh individu masyarakat. Karena jika tidak ada kerjasama yang baik, maka kerbersihan lingkungan tidak akan terwujud.

Tidak ada komentar: