Senin, 05 April 2010

Makalah Demam Berdarah (DBD)

KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya lah makalah ini selesai pada waktunya. Makalah ini ini kami susun dengan judul “Kajian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Puskesmas Kedokan Bunder pada tahun 2003-2004”.

Dalam pembuatan makalah ini, penyususn tidak mengalami kesulitan karena berkat bimbingan dan motivasi dari Kepala Puskesmas Kedokan Bunder, Koordinator program DBD yang bersedia menyiapkan data serta rekan-rekan kerja di Puskesmas Kedokanbunder.
Dan tak lupa juga dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu baik secara moral maupun spiritual, yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.
Makalah ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah yang akan datang.
Akhirnyasemoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua khususnya masyarakat, sehingga adanya peningkatan derajat kesehatan masyarakat itu sendiri.

Kedokanbunder, Nopember 2006


Penyusun








BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang

Penyakit DBD merupakan masalah kesehatan masyarakat yang masih termasuk program Penyakit P2M. Di Puskesmas Kedokanbunder pada tahun ada penderira DBD dan pada tahun terdapat penderita. Jumlah penderita tersebar di wilyah kerja Puskesmas Kedokanbunder, yaitu tahun
Dari data-data tersebut kami tertarik untuk mengangkat masalah ini ke dalam bentuk makalah.

1.2 Tujuan
1.2.1 Tujuan Umum
Setelah masalah ini diangkat dalam bentuk makalah, penyusun mengharapkan agar ada tindak lanjut dari Dinas Kesehatan Indramayu bagian program P2M dan masyarakat dalam memelihara kebersihan lingkungan dengan menggalakan 3M (menguras, menutup dan mengubur), sehingga derajat kesehatan masyarakat makin meningkat.
1.2.2 Tujuan Khusus
a. Mengetahui pelaksanaan program DBD di Puskesmas Kedokanbunder
b. Mengetahui distribusi penderita DBD berdasarkan umur, tempat dan waktu









BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pengenalan Penyakit DBD
2.1.1 Definisi
Penyakit demam berdarah adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Virus Dengue dan ditularkan oleh Nyamuk Aedes Aegypti yang ditandai dengan gejala demam mendadak 2 sampai 7 hari tanpa penyebab yang jelas, lemah, lesu, gelisah, nyeri ulu hati disertai perdarahan pada kulit berupa bintik perdarahan ( petechiae ), lebam (echmymosis), atau ruam (purpura), kadang mimisan, berak darah, muntah darah dan kesadaran menurun (shock).

Tidak ada komentar: