Terima Kasih Atas Kunjungan Anda! Jangan Lupa Untuk Meninggalkan Komentar!.

Sunday, 4 April 2010

Karangan Argumentasi dan Karangan Deskripsi

Karangan Argumentasi

PERANAN GENERASI MUDA
DALAM MEMBANGUN KELUARGA SEJAHTERA

Indonesia termasuk negara berkembang dengan penduduk yang cukup banyak. Penyebaran penduduknya kurang merata dan pertumbuhan penduduknya masih relatif inggi. Keadaan tersebut, sangat berpengaruh terhadap sandang, pangan, dan papan. Bahkan pengaruh itu juga terasa terhadap kesehatan, lapangan kerja, dan pendidikan. Itulah sebabnya, masalah keluarga berencana perlu mendapat penanganan yang serius.

Salah satu tugas generasi muda, sebagai penerus cita-cita bangsa dalam mengisi kemerdekaaan adalah ikut berperan aktif dalam menyukseskan program keluarga berencana. Menciptakan catuwarga yang bahagia dan sejahtera merupakan tugas yang tidak ringan. Oleh karena itu, peran aktif pemuda akan sangat membantu dalam memasyarakatkan NKKBS, khususnya di dalam-lingkungan keluarga mereka masing-masing. Dengan demikian keluarga itu tidak terbelenggu oleh hambatan-hambatan terhadap kemajuan keluarga itu sendiri.
Keluarga merupakan bagian kecil di dalam masyarakat. Bagian-bagian kecil ini merupakan penyangga yang kuat bagi bangsa dan negara. Oleh karena itu, setiap anggota keluarga harus merupakan manusia-manusia yang berkualitas tinggi. Untuk itu, diperlukan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang memadai dal, i fasilitas-fasilitas lain yang berhubungan erat dengan kebutuhan keluarga itu.
Pendidikan yang memadai akan terwujud jika dana pendukungnya mencukupi. Kesehatan dan keharmonisan keluarga pun merupakan faktor yang tidak boleh diabaikan. Namun, mungkinkah sempa itu dapat terwujud dalam keluarga yang besar? Lebih parah lagi jika pendapatan mereka terlalu kecil dibandingkan dengan kebutuhan keluarga itu.
Usaha pemerintah, dalam hal ini BKKBN, untuk mengajak segenap generasi muda agar berperan aktif di dalam menyukseskan program  keluarga berencana sangatlah tepat. Program keluarga berencana nasional saat ini sudah mulai melangkah dengan pengembangan alih kelola. Artinya program keluarga berencana dibina dan dikelola oleh masyarakat sendiri. ini disebut dengan keluarga berencana mandiri. Narnun program  keluarga berencana mandiri ini tidak berarti bahwa seluruh beban dipikul sendiri oleh masyarakat. Pemerintah, melalui Puskesmas dan klinik-klinik keluarga berencana masih tetap memberikan bantuan kepada masyarakat. Generasi muda diharapkan mempunyai andil besar dalam menangani langkah bdru program keluarga berencana nasional ini.
Hal-hal yang telah dikemukakan di atas harus dijadikan program oleh setiap anggota keluarga. Rencana di dalam keluarga ini sangat menentukan keberhasilan keluarga itu sendiri karena hidup kita berlangsung sampai berpuluh-puluh tahun. Apa yang akan terjadi jika hidup kita selama puluhan tahun tidak ada rencana yang mantap?
Peran aktif generasi muda sebagai objek pendidikan keluarga berencana diharapkan sangat mendorong perwujudan NKKBS melalui perencanaan yang sehat dalam keluarga masing-masing. Keadaan ini disebabkan kelak generasi muda akan menjadi pasangari usia subur (PUS). Generasi muda dalam pasangan usia subur ini diharapkan dapat mewujudkan NKKBS tanpa dorongan atau ajakan dari siapa pun. Selain itu mereka diharapkan pula dapat menjadi pelopor untuk rnembantu pemerintah dalam memberikan penerangan. Contoh penerangan itu antara lain bahwa perkawinan yang terbaik dilaksanakan jika seorang gadis telah melampaui usia 20 tahun dan pria telah mencapai 25 tahun. Pengembangan reproduksi sehat pun perlu disebarluaskan kepada masyakat. Yang dimaksud dengan reproduksi sehat adalah pengertian bagaimana melahirkan dan membesarkan anak dengan baik.
Pada dasarnya masalah itu keluarga berencana dan terwujudnya NKKBS bukan saja tanggung jawab pemerintah, melainkan juga tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Dengan terwujudnya NKKBS berarti kita sudah ikut meningkatkan kualitas manusia, yang berarti pula ikut menyukseskan pembangunan nasional. Setelah pembangunan nasional sukses, rnasyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 diharapkan akan segera teravujud.




Karangan Deskripsi

WAWASAN NUSANTARA

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Negara kita terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh laut besar dan kecil. Wilayah negara kita merupakan paduan tunggal antara darat, laut, dan udara beserta seliiruh kekayaan alamnya. Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada forum ihternasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi IN berisi penegasan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulaupulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan dan merupakan Negara Nusantara.
Dalam Garis-garis Besar Haluan Negara juga dinyatakan bahwa Wawasan Nusantara adalah wawasan, cara pandang, atau keyakinan yang memandang rakyat, bangsa, negara, dan wilayah Nusantara baik darat, laut, maupun udara sebagai satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahpisahkan. Wawasan Nusantara ini c'apat menumbuhkan dan mempererat rasa kesatuan, persatuan, dan senasib sepenanggungan kepada seluruh rakyat Indonesia.  
Dalam pembangunan nasional, Wawasan Nusantara mencakup pe -wujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan politik, satu ke satuan sosial dan budaja, satu kesatuan ekonomi, serta satu'kesatuan pertahanan dan keamanan.
1.    Kepulauan Nusantara sebagai Kesatuan Politik
Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik mengandung arti bahwa kebulatan wilayah nasional dengari segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah; ruang hidup, kesatuan matra seluruh bangsa yang menjadi modal dan milik bersama bangsa.
Selain itu, bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, berbicara dalam berbagai bahasa daerah, serta memeluk dan meyakini berbagai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa hams merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti seluas-luasnya.         Bangsa Indonesia harus me, asa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, setanah air, dan mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa.
Satu kesatuan politik berarti bahwa Pancasila merupakan satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara yang melandasi, membimbing, dan mengarahkan bangsa dalam mencapai tujuannya. Da'vam bidang hukum pun dinyatakan bahwa seluruh I;epulauan Nusantara merupakan satu kesatuan hukum. Hanya ada satu hukum nasional yang mengabdi kepada kepentingan nasional.
2.    Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Sosial dan Budaya
Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan sosial dan budaya mengandung arti bahwa masyarakat Indonesia adalah satu. Perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dergan adanya tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata, seimbang, dan selaras. Budaya bangsa Indonesia pada hakikatnya hanya satu. Corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjad modal dan landasan bagi pengembangan budaya bangsa. Hasilnya harus dapat dinikmati oleh seluruh bangsa Indonesia.
3.    Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Ekonomi
Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi mempunyai arti bahwa kekayaan yang ada di wilayah Nusantara, baik potensial maupun efektif merupakan milik bersama. Semua diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup seharihari secara merata di seluruh wilayah tanah air.
4.    Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan
Satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan mempunyai arti bahwa setiap ancaman terhadap satu pulau atau satu daerah merupakan ancaman juga terhajap seluruh bangsa dan negara. Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam rangka pembelaan negara dan bangsa.
Sebagai negara kepulauan, laut di Indonesia mempunyai peranan yang sangat besar. Laut dan perairan yang ada di seluruh Indonesia tidak hanya sebagai jalur lalu lintas, jalur ekonomi, dan sumber devisa negara saja. Laut juga menjadi aarana armada laut di Indonesia dalam menjaga pertalianan dan keamanan wilayah, bangsa, dan negara Indonesia dari setiap ancaman yang datang dari negara lain.
Kestabilan pertahanan dan keamanan di laut bagi bangsa Indonesia akan dapat meningkatkan ketahanan nasional pula. Selain itu, dengan me ningkatnya ketahanan nasional stabilitas nasiohal juga akan terjamin. Apabila stabilitas nasional terjamin, maka pembangunan dapat dilaksanakan tanpa adanya suatu hambatan. Akibat lebih lanjut pembangunan dapat lebih meningkat dan berkembang terus sehingga bangsa Indonesia dapat meningkatkan pula kesejahteraan hidupnya.
Karangan Deskripsi

HELM DAN KESELAMATAN JIWA

Masyarakat berkerumun. Bau anyir menyengat: Beberapa petugas yang bertopi dan bersabuk putih sibuk mengatur arus lalu lintas yang macet. 5ementara darah segar yang membasahi aspal masih mengalir dari kepala seorang pengendara sepeda motor ya,ng baru saja bertabrakan dengan sepeda motor yang tiba-tiba muir cul dari jalan perkampungan.
Polisi menyimpulkan bahwa kecelakaan itu terjadi karena pengendara sepeda motor tiba-tiba me ,nyelonong ke jalan raya tanpa berhenti terlebih dahulu atau menyurangi kecepatannya. Akibat
nya, darah mengalir dari kedua kepala mprer:a. Kedua-duanya tidak memakai helm sebagai pelindung kepala.
Peristiwa itu adalah salah satu dari ribuan kasus kecelakaan lalu lintas yang merenggut jiwa manusia dan mengakibatkan cacat tubuh dan mental.
Sementara itu di suatu jalur jalan raya yang lain kelihatan semua pengendara sepeda motor dan pemboncengnya memakai helm dengan rapi. Sepasang muda mud! pun mengendarai sepeda motor melaju dengan kecepatan sedang, dan keduanya mengenakan helm. Orang setengah baya dengan memakai setelan lengkap dan berdasi meliancur dengan kecepatan renclah. Helm tetap mei, kat di kepala mereka. Rupanya telah disadari benar bahwa meinakai helm, selairi sebagai pelindung kepala dari benturan yang tidak diharapkan, juga pelindung dari sengatan matahari. mungkin juga alasannya karena di sepanjang  jalur itu polisi bergaya dengan ketat?
Penyebab kecelakaan memang sangat kompleks, tetapi yang sangat menonjol adalah faktor manusianya yang cenderung lalai, tidak mematuhi aturan, mengabaikan rambu-rambu lalu lintas, dan tetap menggunakan kendaraan yang sebetulnya secara fisik tidak dapat berjalan baik.
Khusus demi keselamatan pengendara sepeda motor, pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Kapolri pada tanggal 6 Desember 1984 yang menetapkan semua pemohon SIM C wajib memakai helm pengaman. Sekarang semua pengendara sepeda motor serta pemboncengnya diwajibkan memakai helm.
Kesadaran pengendara dan pembonceng sepeda motor sekarang ini belum cukup baik. Mereka mengenakan helm pada waktu menqen darai atau membonceng sepeda motor kareria takut kena tilang polisi lalu lintas. Jadi, helm belum dianggap sebagai kebutuhan pengaman diri. Baru sebagian pengendara sE'peda motor atau pembonceng yang menyadari manfaat helm sebagai pengaman kepala. Hal ini terlihat dengan masih banyaknya pengendara sepeda motor yang terkena tilang polisi karena.tidak mengenakan helm. Mereka memakai helm hanya pada waktu melintasi jalan yang biasa dijaga oleh polisi. Jika mereka sudah melewati jalan tersebut, helm dilepas begitu saja. Mereka kurang menyadari bahwa maut selalu mengintai mereka di sepanjang jalan.
Bagaimana jika terjadi hal-hal yang tiba-tiba muncul dan dapat mengancam keselamatan jiwanya? hasilnya pejalan kaki yang menyebe rang jalan seenaknya, pengendara sepeda tibatiba m mbelok tanpa memberikan tanda sebelumnya, dan pengemudi mobil mengendarai mobilnya sambil mabuk. Masih banyak lagi yang lain. Kecelakaan pun tidak dapat dihindari. Kepala yang tidak dilindungi helm pengaman itu harus rela berbenturan dengan aspal yang keras.
Sekurang-kurangnya tiga puluh sampai dengan lima puluh persen jumlah korban kecelakaan yang menimpa pengendara sepeda motor mende rita cedera di kepala. Korban yang memakai helm lebih dari enam puluh persen dapat diselamatkan jiwanya, sedangkan yang tidak mengenakan helm hanya berkisa• sekitar dua puluh lima persen %ang dapat diselamatkan jiwanya.
Melihat gambaran tersebut, rasanya kita ngeri jika mengendarai sepeda motor tanpa mengenakan helm. Mengenakan helm dengan rapi, dalam arti menurut aturan pakainya, dan helm itu memenuhi standar helm yang baik adalah cara terbaik untuk pengaman keselamatan jiwa kita.




Karangan Argumentasi

BAHAYA NARKOTIKA

Narkotika adalah sejenis obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, obat tidur, dan obat penenang pasien di bidang kedokteran. Namun, pada saat ini obat-obatan tersebut sering disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga dapat merusak generasi muda. Bukti-bukti itu telah banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, pemerintah dari pihak kepolisian bekerja keras untuk menangani masalah yang rawan ini.
Akibat penyalahgunaan Narkotika ini sangat membahayakan dan mengerikan, khususnya bagi kaum generasi muda. Korban penyalahgunaan narkotika ini memang tidak bisa langsung mati, akan tetapi mati secara perlahan-lahan dan secara bertahap melalui siksaan fisik dan batin. Dampak lebih lanjut dari penyalahgunaan narkotika ini bukan hanya pada si pecandu sendiri, aFian tetapi juga menyangkut keluarga dan masyarakat.
Adapun tingkat kecanduan dari pemakai obat terlarang ini seperti terpapar di bawah ini :
1.    Drug addition adalah kecanduan atau ketagihan sebagai akibat keracunan secara perioriik atau kronis pada si penderita. Kecanduan ini muncul sebagai akibat dari pemakaian narkotika secara alami dan sintetis atau kimiawi. Sedangkan ciri-cirinya pada tahap ini adalah si pemakai mempunyai keinginan kuat atau keharusan untuk meneruskan pemakaian narkotika dan berusaha untuk memperoleh narkotika dengan jalan kekerasan, seperti mencuri, merampok, menipu, dan menjambret.
2.    Dependence atau ketergantungan adalah salah satu sifat dari ketagihan atau kecanduan. , ika si pemakai ketagiha 1 akan menimbulkan ketei gantungan dan sulit m,mjauhi perbuatan itu. Ada dua ketergantungan. K-tergantungan fisik adalah fungsi badan tidak sempurna tanpa memakai narkotika. Ketergantungan secara psikologis adalah badan tidak membutuhkan tetapi pikiran mempunyai keinginan kuat untuk memakainya.
3.    Halusinasi adalah perubahan pada perasaan, pikiran, kesadaran, dan emosi. Perubahan sensasi ini sering disebut berkhayal, yaitu memperoleh sensasi menyenangkan dan khayalan yang buruk, jahat, dan merigerikan, sehingga pecandu dapat meraung-raung berteriak ketakutan. Obat-obatan narkotika yang menimbulkan halusinasi ini disebut halucinegeens. Salah satu halucinegeens yang terkenal adalah LSD.
Di dalam tubuh, LSD dapat bereaksi selama 72 jam. Dua belas jam yang pertama merupakan saat klirrraks halusinasi yang dapat berakibat si pemakai melakukan kejahatan seperti membunuh atau bunuh diri. Dua belas jam berikutnya masa menurun yang dapat menimbulkan kecelakaan,    ( rnisalnya mernakai jalan seenaknya karena dik.ira sepi dan aman. Empat puluh delapar jam selanjut-1 nya barulah efek LSD hilang.
Akibat pemakaian LSD, anak mata menjadi    f merah, muka merah, suhu badan naik, detak jan- I tung bertambah cepat; tekanan darah rnakin ting-    '~ gi. Akibat ini akan hilang jika masa bereaksi LSD hilang: Jenis halucinegeens ialah LSD, STP, morphine, meperidine, cocaine, ganja, amphetamine, peyeto, dan psilocybin.
Sebagian jenis narkotika sebagai obat yang disalahgunakan dan dilarang oleh pemerintah adalah sebagai berikut.
1.    Candu adalah sejenis tanaman suku Papaverace atau kelompok tanaman ganja-ganjaan yang berasal dari Timur Tengah dan menyebar ke India dan Cina. Tarlaman ini berwarna keputih-putihan dengan tinggi antara 30 cm sampai 100 cm. Tanaman candu ini bermacam-macam jenisnya. Seldangkan tanaman candu jenis somniferum enghasilkan heroin, morfin, dan kokain yang diunakan sebagai obat penenang dan penghilang sa sakit seorang pasien. Apabila disalahgunaan, obat ini akan mengakibatkan kegilaan dan ematian.
2.    Ganja atau marihuana adalah sejenis tanamam cannabis sativa atau tanaman ganja yang tum-btjh tanpa pemeliharaan. Adapun bahan yang ~;nengandung zat narkotika aktif adalah damar dan daun ganja. Akibat dari penyalahgunaan obat ini adalah fisik dan Kejiwaan si pemakai akan rusak.
3.    Opium adalah bahan yang tergolong narkotika yang ber`asa; dari getah buah tanaman papaver somniferum. Mefalui pengolahan pelarutan, pemanasan, dan peragian diperoleh candu. Morfin meruoakan alkaloida utama di dalam opium dan candu. q,  
4.    Morfin adalah sari dari opium sebagai obat penghilang rasa nyeri dan penenang. Jika disalahgunakan dan sering dipakai, maka takaran pemakaiannya semakin besar, sehingga menimbulkan kecanduan yang mengakibatkan kemunduran jiwa dan badan.

5.    Heroin adalah diasetil morfin yang dihasilkan melalui reaksi kimia antara morfin dengan asam asetatanhidrat. Sebagai hasil kimiawi dari morfin, heroin mempunyai efek yang lebih kuat daripada morfin. Heroin lebih cepat menimbulkan ketagihan, sehingga sekarang tidak dipergunakan dalam dunia kedokteran, bahkan ditarang.

No comments:

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda! Jangan Lupa Untuk Meninggalkan Komentar!.