Thursday 14 April 2011

Penelitian Tindakan Kelas (4)

PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPAUAN SISWA DALAM MEMAHAMI JENIS USAHA PEREKONOMIAN MASYARAKAT INDONESIA

DAN

PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPAUAN SISWA DALAM MEMAHAMI JENIS USAHA PEREKONOMIAN MASYARAKAT INDONESI

BAB I
PENDAHULUAN


A.            Latar Belakang Masalah
Dalam menghadapi era globalisasi yang diiringi dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia mempunyai posisi yang strategis bagi keberhasilan dan kelanjutan pembangunan nasional. Oleh sebab itu, upaya tersebut mutlak harus mendapat perhalian yang sungguh-sungguh dan harus dirancang secara sistematis dan seksama berdasarkan pemikiran yang matang. Wadah yang tepat bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan. Ada beberapa indikator dalam peningkatan mutu pendidikan antara lain melalui peningkatan kinerja guru dan peningkatan mutu pelajaran yang melibatkan MBS, Pakem, serta peran serta masyarakat (PSM).
Dalam kaitannya denga Pakem, guru dituntut untuk menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif, yaitu pembelajaran yang aktif, kreatit; efektif; dan menyenangkan. Situasi Pakem tersebut harus di upayakan untuk semua mata pelajaran. Dengan begitu, diharapkan peningkatan mutu pendidikan dapat tercapai secara optimal.

Penelitian Tindakan Kelas (3)

METODA DEMONSTRASI ALAT BANTU PELAJARAN PETA DAN GLOBE 
UNTUK MENINGKATKAN  HASIL BELAJAR  SISWA KELAS VI 
SD NEGERI LARANGA JAMBE 
TAHUN 2005/2006 PADA MATA PELAJARAN IPS 

BAB I

PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang Masalah.
Pada saat ini   nilai mata pelajaran  IPS  siswa siswi kelas VI SD Negeri Laranagan Jambe tahun pelajaran 2005/2006 sangat memprihatinkan atau boleh dibilang hanya pas pasan dan jauh dari apa yang diharapkan oleh semua pihak baik dari,sekolah maupun masyarakat.Untuk itu masalah menjadi pembhasan yang serius oleh pihak sekolah terutama oleh guru kelas VI  itu sendiri,apakah cara guru mengajarnnya yang salah atau kurangnya alat bantu pelajaran (alat peraga) untuk mengatasi masalah ditas diperlukan penelitian tindakan kelas dengan mempergunakan alat bantu pelajaran (alat peraga) yang memadai setiap proses pembelajaran berlangsung,sehingga siswa lebih terbantu dalam memahami pelajaran IPS karena bukan hanya sekedar teori yang mereka terima tetapi diperjelas oleh alat bantu  pelajaran  yang  disiapkan oleh guru.  Dengan demikan prroses belajar mengajar IPS di SD Negeri Larangan Jambe diharapkan akan lebih berhasil dan lebih bermutu daripada proses belajar mengajar sebelumnya, sebab dengan mempergunakan metoda demonstrasi alat bantu peraga  peta dan globe konsep konsep pelajaran IPS akan lebih mudah dipahami oleh parasiswa.

Penelitian Tindakan Kelas (2)


     A.      Judul
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS II SDN JAYAWINANGUN

     B.      Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Melalui sekolah, siswa belajar berbagai macam hal.
Dalam pendidikan formal, belajar menunjukkan adanya perubahan yang sifatnya positif sehingga pada tahap akhir akan didapat keterampilan, kecakapan dan pengetahuan baru. Hasil dari proses belajar tersebut tercermin dalam prestasi belajarnya. Namun dalam upaya meraih prestasi belajar yang memuaskan dibutuhkan proses belajar.

Penelitian Tindakan Kelas (1)


A.      JUDUL
      UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI KELAS V MI DARUL ULUM KABUPATEN CIREBON.

B.     LATAR BELAKANG

Sekolah adalah salah satu Tripusat pendidikan yang dituntut untuk mampu menjadikan output yang ungguk, sekolah adalah suatu sistem organisasi, dimana terdapat sejumlah orang yang bekerja sama dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang dikenal Intruksional. Tugas para pendidik adalah mendidik, mengajar, membimbing dan melatih siswanya agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, guru harus mempunyai berbagai kemampuan. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai adalah mengembangkan diri secara profesional. Ini berarti guru tidak hanya dituntut menguasai materi ajar atau menyajikan secara tepat, tetapi juga mampu melatih, menilai kinerjanya juga mampu memperbaiki hasil pembelajaran yang telah disajikan.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda! Jangan Lupa Untuk Meninggalkan Komentar!.